Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reset kode kerusakan ECU/ECM pada sepeda motor Honda PGM FI dengan kabel/kawat bekas !

 

Sistem PGM FI pada sepeda motor dirancang  untuk mengurangi emisi gas buang yang berbahaya seperti CO, HC dan Nox serta hemat bahan bakar tanpa mengurangi tenaga yang dihasilkan.

 

Gambar bentuk dari DLC pada sepeda motor Honda PGM FI

Teknologi yang digunakan sudah menggunakan sistem elektronik guna mencapai tujuan dari sistem PGM-FI .seperti pada rangkaian gambar berikut

Gambar skema sistem PGM-FI

Pada perjalanannya sistem injeksi membutuhkan penyesuaian terhadap konsumen (masa transisi) karena sebelumnya menggunakan sistem konvensional (karburator). Diantara beberpa opini yang berkembang dimasyarakat tentang sistem injeksi adalah

  • Biaya perawatan mahal
  • Bensin ditanki kalau sampai habis motor akan rusak
  • Susah diperbaiki
  • Komponen mahal

Dari opini yang berkembang di masyarakat saya akan membagikan tips murah meriah modal 1000 perak bahkan gratis untuk melakukan reset kerusakan DTC. Apa maksudnya itu?? J

jadi begini , pada sistem injeksi apabila komponen yang terkait dengan input (sensor) apabila mengalami kegagalan fungsi/ kerusakan maka akan memberikan informasi ke ECU dan ECU akan menampilkan data kerusakan pada MIL berupa kedipan. Dimanakah MIL itu berada? Mil berada pada dasboard/panel odometer yang ada gambar engine pada sepeda motor. Jadi tentu lebih mudah bukan untuk mengetahui kerusakan pada sistem PGM-FI. Untuk kedipan mil akan saya ulas nanti ya, saya kasih contoh misal 7 Kedipan pendek pada MIL, maka kode 7 merupakan kerusakan pada Engine Oil Temperature atau Engine Coolant Temperature. Selanjutnya kita perbaiki kerusakannya, bisa soketnya lepas, kabel putus  dan lain sebagainya. Setelah diketahui kerusakannya maka lakukan perbaikan. Setelah sudah diperbaiki komponen yang rusak maka lakukan reset kode kerusakan. Fungsi reset kode kerusakan ini adalah untuk menghapus memori kerusakan pada ECU, apabila tidak di reset maka  ECU akan menyimpan kode kerusakan tersebut.

Langkah reset kode kerusakan.

Alat dan bahan
  1. Kawat/kabel panjang 8 cm
  2. Obeng kembang

Langkah kerja

  1. Pastikan komponen yang rusak berdasarkan kode MIL sudah diperbaiki
  2. Buka cover/bodi kendaraan tempat dari DLC (data link connector) untuk tempat atau posisi DLC tiap jenis sepeda motor berbeda. Misalnya pada vario 125 berada didepan dekat lampu, beat pop berada dibawah dekat dengan baterai dan jenis sport misal verza berada dibawah jok.
  3. Setelah posisi DLC sudah ditemukan maka buka bungkus DLC sehingga terlihat konektornya.
  4. Jumper konektor dengan kabel/kawat ke DLC seperti pada gambar dibawah ini 
  5. Kunci kontak ON kan
  6. Pada saat di ON kan MIL masih berkedip, maka cabut salah satu ujung kabel/kawat yang terhubung dengan DLC (kurang lebih 2 detik) kemudian pasang kembali kabel/kawat yang dilepas .
  7. Maka MIL akan berkedip pendek terus, apabila sudah seperti ini maka kode kerusakan berhasil direset.
  8. Kunci kontak OFF kan, cek kembali apakah MIL masih berkedip atau tidak.

sekian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat untuk kita semua

Posting Komentar untuk "Reset kode kerusakan ECU/ECM pada sepeda motor Honda PGM FI dengan kabel/kawat bekas !"