Reset kode kerusakan ECU/ECM pada sepeda motor Honda PGM FI dengan kabel/kawat bekas !
Sistem PGM FI pada sepeda motor dirancang untuk mengurangi emisi gas buang yang berbahaya seperti CO, HC dan Nox serta hemat bahan bakar tanpa mengurangi tenaga yang dihasilkan.
Gambar bentuk dari DLC pada sepeda motor Honda PGM FI
Teknologi yang digunakan sudah menggunakan sistem elektronik guna mencapai tujuan dari sistem PGM-FI .seperti pada rangkaian gambar berikut
Pada perjalanannya sistem injeksi membutuhkan penyesuaian terhadap
konsumen (masa transisi) karena sebelumnya menggunakan sistem konvensional
(karburator). Diantara beberpa opini yang berkembang dimasyarakat tentang
sistem injeksi adalah
- Biaya perawatan mahal
- Bensin ditanki kalau sampai habis motor akan rusak
- Susah diperbaiki
- Komponen mahal
Dari opini yang berkembang di masyarakat saya akan membagikan tips
murah meriah modal 1000 perak bahkan gratis untuk melakukan reset kerusakan
DTC. Apa maksudnya itu?? J
jadi begini , pada sistem injeksi apabila komponen yang terkait dengan input
(sensor) apabila mengalami kegagalan fungsi/ kerusakan maka akan memberikan
informasi ke ECU dan ECU akan menampilkan data kerusakan pada MIL berupa
kedipan. Dimanakah MIL itu berada? Mil berada pada dasboard/panel odometer yang
ada gambar engine pada sepeda motor. Jadi tentu lebih mudah bukan untuk mengetahui
kerusakan pada sistem PGM-FI. Untuk kedipan mil akan saya ulas nanti ya, saya
kasih contoh misal 7 Kedipan pendek pada MIL, maka kode 7 merupakan kerusakan
pada Engine Oil Temperature atau Engine Coolant Temperature. Selanjutnya kita
perbaiki kerusakannya, bisa soketnya lepas, kabel putus dan lain sebagainya. Setelah diketahui
kerusakannya maka lakukan perbaikan. Setelah sudah diperbaiki komponen yang
rusak maka lakukan reset kode kerusakan. Fungsi reset kode kerusakan ini adalah
untuk menghapus memori kerusakan pada ECU, apabila tidak di reset maka ECU akan menyimpan kode kerusakan tersebut.
Langkah reset kode kerusakan.
- Kawat/kabel panjang 8 cm
- Obeng kembang
Langkah kerja
- Pastikan komponen yang rusak berdasarkan kode MIL sudah diperbaiki
- Buka cover/bodi kendaraan tempat dari DLC (data link connector) untuk tempat atau posisi DLC tiap jenis sepeda motor berbeda. Misalnya pada vario 125 berada didepan dekat lampu, beat pop berada dibawah dekat dengan baterai dan jenis sport misal verza berada dibawah jok.
- Setelah posisi DLC sudah ditemukan maka buka bungkus DLC sehingga terlihat konektornya.
- Jumper konektor dengan kabel/kawat ke DLC seperti pada gambar dibawah ini
- Kunci kontak ON kan
- Pada saat di ON kan MIL masih berkedip, maka cabut salah satu ujung kabel/kawat yang terhubung dengan DLC (kurang lebih 2 detik) kemudian pasang kembali kabel/kawat yang dilepas .
- Maka MIL akan berkedip pendek terus, apabila sudah seperti ini maka kode kerusakan berhasil direset.
- Kunci kontak OFF kan, cek kembali apakah MIL masih berkedip atau tidak.
Posting Komentar untuk "Reset kode kerusakan ECU/ECM pada sepeda motor Honda PGM FI dengan kabel/kawat bekas !"