Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengganti komstir/laher kemudi sepeda motor

by sumbu-teknik.com
tingkat kenyamanan menjadi hal utama dalam berkendara, tidak mustahil orang membeli kenyamanan itu dengan harga yang mahal. Salah satu komponen yang sangat penting adalah komstir. 

Gejala kerusakan akibat komstir 
1. Kemudi tak terkendali Ketika bermanuver dengan kecepatan tinggi, penguasaan kendali akan terganggu akibatnya akan sangat berbahaya jika dipaksakan. 
2. Kemudi terasa berat ketika berbelok Biasanya akibat fungsi komstir berkurang maka kita akan mengencangan lebih pada mur penyetel kemudi. Karena apabila kita menyetel dengan kendor maka akan obak, serba salah kalau kondisi seperti ini, maka lebih baik kita menggantinya 
3. Terasa bergetar Getaran akan terjadi ketika di putaran tinggi, ini karena cengkaram dan keseimbangan roda terganggu akibat komstir yang abnormal. 
4. Oblak Pengetasan oblak bisa dicek dengan cara 
    a. Posisikan kendaraan dengan standar tengah
    b. Tekan dan tahan sepeda motor bagian belakang sampai roda belakang menyentuh tanah 
    c. Gerakan stir kemudi kedepan dan kebelakang 
    d. Jika ada oblak atau ada yang longgar maka bisa dipastikan itu adalah kerusakan pada komstir. 

Cara pengantian komstir

1. Alat dan bahan 
a. Obeng + 
b. Kunci T 12,14 
c. Kunci ring 14,17 
d. As roda bekas 
e. Kunci L Bintang 
f. Palu 2. 

Langkah kerja Pembongkaran

a. Lepaskan cover kepala sepeda motor dengan obeng + 
b. Lepaskan lampu kepala pada bagian depan sepeda motor matic, pastikan sambungan soket yang menghalangi pelepasan komponen sudah terlepas 
c. Lepaskan as roda depan dengan kunci ring 14 dan 17
d. Lepaskan kaliper rem pada sok breaker depan dengan kunci L bintang 
e. Lepaskan stang dengan cara melepaskan baut pengunci dengan kunci L 14 
f. Lepaskan mur penyetel poros kemudi dengan menggunakan as bekas dan ketok dengan palu dengan perlahan

g. Lepaskan komstir dari tabung kemudi dengan as bekas dan ketok dengan palu dengan perlahan
Pemasangan 
a. Pasang komstir yang baru pada tabung kemudi dengan menggunakan komstir bekas sebagai bantalan
b. Ketika memasang bola baja/pelor/gotri harus hati hati, gunakan perekat/stempet supaya tidak jatuh
c. Masukan batang kemudi/segitiga melewati tabung kemudi yang sudah terpasang komstir 
d. Kunci dengan mur pengunci dan penyetel, jangan dulu terlalu kencang penyetelannya 
e. Pasang sok breaker dan roda depan sepeda motor suapaya bisa tertahan
f. Setel kekencangan mur penyetel jangan terlalu kencang dan jangan juga kendor 
g. Pasang kembali stir kemudi dan komponen cover lainnya. 
h. Periksa kembali hasil pekerjaan 
i. Rapihkan alat dan tempat kerja Demikian pengalaman yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengganti komstir/laher kemudi sepeda motor"