Mengganti komstir/laher kemudi sepeda motor
tingkat kenyamanan menjadi hal utama dalam berkendara, tidak mustahil orang
membeli kenyamanan itu dengan harga yang mahal. Salah satu komponen yang sangat
penting adalah komstir.
Gejala kerusakan akibat komstir
1. Kemudi tak terkendali Ketika bermanuver dengan kecepatan tinggi, penguasaan
kendali akan terganggu akibatnya akan sangat berbahaya jika dipaksakan.
2.
Kemudi terasa berat ketika berbelok Biasanya akibat fungsi komstir berkurang
maka kita akan mengencangan lebih pada mur penyetel kemudi. Karena apabila kita
menyetel dengan kendor maka akan obak, serba salah kalau kondisi seperti ini,
maka lebih baik kita menggantinya
3. Terasa bergetar Getaran akan terjadi ketika
di putaran tinggi, ini karena cengkaram dan keseimbangan roda terganggu akibat
komstir yang abnormal.
4. Oblak Pengetasan oblak bisa dicek dengan cara
a.
Posisikan kendaraan dengan standar tengah
b. Tekan dan tahan sepeda motor bagian
belakang sampai roda belakang menyentuh tanah
c. Gerakan stir kemudi kedepan dan
kebelakang
d. Jika ada oblak atau ada yang longgar maka bisa dipastikan itu
adalah kerusakan pada komstir.
Cara pengantian komstir
1. Alat dan bahan
a. Obeng +
b. Kunci T 12,14
c. Kunci ring 14,17
d. As roda
bekas
e. Kunci L Bintang
f. Palu 2.
Langkah kerja Pembongkaran
a. Lepaskan cover kepala sepeda motor dengan obeng +
b. Lepaskan lampu kepala
pada bagian depan sepeda motor matic, pastikan sambungan soket yang menghalangi
pelepasan komponen sudah terlepas
c. Lepaskan as roda depan dengan kunci ring 14
dan 17
d. Lepaskan kaliper rem pada sok breaker depan dengan kunci L bintang
e.
Lepaskan stang dengan cara melepaskan baut pengunci dengan kunci L 14
f.
Lepaskan mur penyetel poros kemudi dengan menggunakan as bekas dan ketok dengan
palu dengan perlahan
g. Lepaskan komstir dari tabung kemudi dengan as bekas dan ketok dengan palu
dengan perlahan
Pemasangan
a. Pasang komstir yang baru pada tabung kemudi dengan menggunakan
komstir bekas sebagai bantalan
b. Ketika memasang bola baja/pelor/gotri harus hati hati, gunakan
perekat/stempet supaya tidak jatuh
c. Masukan batang kemudi/segitiga melewati tabung kemudi yang sudah terpasang
komstir
d. Kunci dengan mur pengunci dan penyetel, jangan dulu terlalu kencang
penyetelannya
e. Pasang sok breaker dan roda depan sepeda motor suapaya bisa
tertahan
f. Setel kekencangan mur penyetel jangan terlalu kencang dan jangan
juga kendor
g. Pasang kembali stir kemudi dan komponen cover lainnya.
h. Periksa
kembali hasil pekerjaan
i. Rapihkan alat dan tempat kerja Demikian pengalaman
yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Mengganti komstir/laher kemudi sepeda motor"